×

SKK Migas-PetroChina lanjutkan tahapan survei seismik di Blok Jabung

SKK Migas-PetroChina lanjutkan tahapan survei seismik di Blok Jabung

SKK Migas-PetroChina lanjutkan tahapan survei seismik di Blok Jabung

Jakarta, 15 Juni 2021 – SKK Migas (Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi) bekerja sama dengan PetroChina, melanjutkan tahapan survei seismik di Blok Jabung, Sumatera Selatan. Survei seismik ini bertujuan untuk mengumpulkan data tentang struktur geologi di area tersebut guna mendukung kegiatan eksplorasi minyak dan gas bumi.

Blok Jabung merupakan salah satu blok yang memiliki potensi besar dalam industri minyak dan gas bumi di Indonesia. Oleh karena itu, tahapan survei seismik sangat penting dilakukan untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang kondisi geologi di dalam blok tersebut.

Survei seismik ini dilakukan menggunakan metode geofisika yang melibatkan penggunaan gelombang suara buatan untuk memetakan bawah permukaan tanah. Metode ini dapat memberikan gambaran yang jelas tentang struktur geologi, termasuk keberadaan sumur minyak dan gas bumi yang potensial.

Dalam tahapan survei seismik ini, SKK Migas dan PetroChina menggunakan teknologi terkini yang canggih dan presisi tinggi. Pemetaan seismik yang dilakukan akan melibatkan penggunaan perangkat lunak khusus untuk menganalisis dan menginterpretasikan data yang dikumpulkan.

Hasil survei seismik ini akan menjadi dasar bagi SKK Migas dan PetroChina dalam menentukan langkah selanjutnya dalam kegiatan eksplorasi minyak dan gas bumi di Blok Jabung. Data yang diperoleh akan digunakan untuk menentukan lokasi sumur-sumur bor yang potensial untuk dieksplorasi lebih lanjut.

Selain itu, survei seismik ini juga diharapkan dapat membantu dalam mengidentifikasi potensi sumber daya minyak dan gas bumi yang ada di Blok Jabung. Hal ini akan memberikan manfaat besar bagi industri minyak dan gas bumi di Indonesia, serta meningkatkan kontribusi sektor energi dalam perekonomian negara.

SKK Migas dan PetroChina berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan eksplorasi minyak dan gas bumi dengan mengutamakan keselamatan dan kelestarian lingkungan. Survei seismik dilakukan dengan memperhatikan aspek lingkungan, seperti penggunaan teknologi yang ramah lingkungan dan mitigasi dampak terhadap ekosistem di sekitar area survei.

Diharapkan, melalui tahapan survei seismik ini, potensi minyak dan gas bumi di Blok Jabung dapat lebih terungkap dan memberikan kontribusi positif bagi kedua perusahaan serta perekonomian negara. SKK Migas dan PetroChina akan terus bekerja sama untuk mengoptimalkan kegiatan eksplorasi minyak dan gas bumi di Indonesia guna mendukung ketahanan energi nasional.