×

Kemenhub sebut PNBP KSOP Banjarmasin capai Rp429,9 miliar selama 2023

Kemenhub sebut PNBP KSOP Banjarmasin capai Rp429,9 miliar selama 2023

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) baru-baru ini mengumumkan bahwa Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banjarmasin mencapai Rp429,9 miliar selama tahun 2023. Angka ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

PNBP merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang tidak berasal dari pajak, melainkan dari pungutan dan iuran yang dikenakan oleh pemerintah terhadap berbagai jenis pelayanan dan kegiatan. Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banjarmasin bertanggung jawab atas pengelolaan kegiatan dan layanan di pelabuhan Banjarmasin.

Pencapaian PNBP sebesar Rp429,9 miliar ini menunjukkan bahwa KSOP Banjarmasin berhasil meningkatkan penerimaan dari berbagai kegiatan di pelabuhan. Peningkatan ini dapat menjadi indikator bahwa pelabuhan Banjarmasin semakin ramai dan aktif dalam melayani berbagai kegiatan pelayaran dan perdagangan.

Kenaikan PNBP ini juga dapat dikaitkan dengan pertumbuhan ekonomi yang terjadi di wilayah Banjarmasin. Semakin banyaknya kegiatan perdagangan dan pelayaran yang menggunakan pelabuhan ini berdampak pada peningkatan pendapatan KSOP. Pendapatan yang diperoleh oleh KSOP ini juga dapat digunakan untuk pengembangan infrastruktur dan peningkatan pelayanan di pelabuhan Banjarmasin.

Kemenhub juga memberikan apresiasi kepada KSOP Banjarmasin atas capaian ini. Peningkatan pendapatan ini merupakan hasil dari kerja keras dan inovasi yang dilakukan oleh KSOP Banjarmasin dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna pelabuhan. Diharapkan pencapaian ini dapat menjadi motivasi bagi KSOP Banjarmasin untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan di masa yang akan datang.

Peningkatan PNBP KSOP Banjarmasin yang mencapai Rp429,9 miliar selama tahun 2023 merupakan prestasi yang patut diapresiasi. Peningkatan ini menunjukkan bahwa pelabuhan Banjarmasin semakin berkembang dan menjadi salah satu pelabuhan yang penting dalam aktivitas perdagangan di wilayah tersebut. Diharapkan dengan adanya peningkatan ini, pelabuhan Banjarmasin dapat terus berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia.